Mengenal Evaluasi Kampanye
Apakah
Evaluasi Kampanye itu?
Evaluasi
kampanye diartikan sebagai upaya sistematis untuk menilai berbagai aspek yang
berkaitan dengan proses pelaksanaan dan pencapaian tujuan kampanye.
Proses Pelaksanaan
Berkaitan
dengan proses pelaksanaan beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu:
•
Penilaian terhadap proses
implementasi rancangan kampanye yang dilakukan dengan menganalisis catatan
harian kampanye yang berisi berbagai data dan fakta sebagai hasil proses
pemantauan (monitoring).
•
Pengamatan dilapangan
•
Wawancara, yang dilakukan untuk
mendapatkan feedback
•
Penilaian kinerja pelaksana
kampanye baik pada tataran individual atau kolektif (Tim Kerja), unsur
penilaiannya meliputi:
ü Keterperincian
dan Kelengkapan rencana kerja
ü Pemenuhan
target kerja
ü Kualitas
pekerjaan
ü Ketepatan
waktu penyelsaian
ü Kemampuan
mencari alternative pemecahan saat menghadapi masalah
Aspek Pencapaian Tujuan
Berkaitan
dengan aspek pencapaian tujjuan beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu:
•
Perubahan kesadaran
•
Sikap dan perilaku public
sesuai tujuan yang ditetapkan
•
Pemenuhan fungsi media
•
Serta evaluasi efisiensi biaya
Mengapa
melakukan evaluasi kampanye?
Gregory
(2000) mengemukakan alasan penting melakukan evaluasi
-
Dapat memfokuskan usaha yang
dilakukan, sehingga dapat mengetahui hal-hal prioritas pencapai tujuan
-
Menunjukkan keefektifan
pelaksana kampanye dalam merancang dan mengimplemetasikan programnya
-
Memastikan Efisiensi biaya
-
Membantu pelaksana menetapkan
tujuan secara realistis, jelas, dan terarah
-
Membantu akuntanbilitas
(pertanggung jawaban) pelaksanaan kampanye
TINGKATAN
EVALUASI KAMPANYE (Menurut OSTEGAARD)
-
Campaign Level
Pada
level ini ingin diketahui apakah khalayak sasaran terkena terpaan kegiatan
kampanye yang dilakukan atau tidak.
-
Attitude Level
Pada
tingkatan sikap, evaluasi dapat dilakukan dengan menggunakan metode survei atau uji sederhana (simple test)
-
Behavior Level
Para
ahli kampanye memandang tingkatan perilaku sebagai level yang paling penting
dalam kampanye. Sayangnya jenis evaluasi ini sering
diabaikan atau dilakukan sekedarnya dengan mengamati realitas permukaan
(superficial reality)
-
Problem Level
Problem
atau masalah disini siartikan sebagai kesenjangan antara kenyataan dan
harapan. Kriteria keberhasilan dalam
problem level adalah dengan mengukur atau membandingkan antara data sebelum dan
sesudah kampanye.
Jenis-
Jenis Evaluasi Kampanye
-
Metaevaluasi, Adalah pengujian yang dilakukan
oleh orang lain terhadap pelaku kampanye. Metaevaluasi memberikan kontribusi
terhadap pengembangan rencana evaluasi
-
Evaluasi keefektifan pencapaian, Secara
umum dapat dikatakan pengujian terhadap efektifitas kampanye adalah suatu usaha
yang dilakukan oleh pelaku kampanye untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan,
apakah kampanye yang dilakukan mencapai tujuan yang telah ditetapkan?
-
Evaluasi keefektifan pencapaian Tujuan umum, Dalam
mengevaluasi efek kampanye, pelaku kampanye harus mempertimbangkan kualitas dan
kuantitas dari usaha aktivitas yang dilakukan pada waktu kampanye
Kategori Evaluasi
-
Pencapaian Tujuan
-
Pengukuran kemajuan
-
Pengukuran hasil
-
Efesiensi biaya
Menyimpulkan Evaluasi Kampanye
Pada
tahap ini, kita tidak boleh secara gegabah dalam dan tergesa-gesa menyimpulkan
hasil kampanye yang dilakukan, misal dengan pernyataan kampanyenya sukses. Pernyataan
yang seperti diatas (deterministic) umumnya dihindari oleh para evaluator, Buatlah
kesimpulan yang probabilistic, jadi cukup tegaskan saja, media yang digunakan
kemungkinan besar sudah tepat, penetapatan khalayak sasaran hampir dapapt
dipastikan sudah tepat atau secara keseluruhan kampanye yang dilakukan
cenderung menghasilkan efek yang positif.
VCLASS FORUM DISKUSI
6
Evaluasi kampanye memang tidak
mudah apalagi murah. Setidaknya 10-15% anggaran kampanye harus disisihkan untuk
melakukan evaluasi program secara professional.
Bagaimana pendapat Anda dengan
perkembangan dunia internet dan kemudahan teknologi saat ini melihat pernyatn
tersebut apakah masih relevan ?
Jawaban:
Menurut saya relevan, karna pada saat ini perkembangan
teknologi sangat cepat. Karna kemudahan teknologi ini membuat banyak sekali
berita hoax bermunculan dan kadang susah dikendalikan. Walaupun kemajuan
teknologi ini sangat membantu untuk menyebarkan infomasi kampanye tapi karena
kemudahan ini juga banyak sekali berita hoax dan akhirnya mempengaruhi khalayak.
Sehingga evaluasi oleh para ahli profesional sangat diperlukan untuk mencegah hal
yang tidak diinginkan tersebut terjadi. para ahli evaluasi akan melakukan
evaluasi dengan pengetahuan
ilmiah, kemampuan manajerial dan
kemampuan berpikir kreatif. Tanpa adanya evaluasi, kita akan
terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama karena tidak pernah tau dengan
kesalahan-kesalahan sebelumnya. Tanpa adanya evaluasi, kita akan terus-menerus
mengulangi kesalahan yang sama karena tidak pernah tau dengan
kesalahan-kesalahan sebelumnya.
Komentar
Posting Komentar