Mengenal Evaluasi Kampanye

 

Apakah Evaluasi Kampanye itu?

Evaluasi kampanye diartikan sebagai upaya sistematis untuk menilai berbagai aspek yang berkaitan dengan proses pelaksanaan dan pencapaian tujuan kampanye.

Proses Pelaksanaan

Berkaitan dengan proses pelaksanaan beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu:

      Penilaian terhadap proses implementasi rancangan kampanye yang dilakukan dengan menganalisis catatan harian kampanye yang berisi berbagai data dan fakta sebagai hasil proses pemantauan (monitoring).

      Pengamatan dilapangan

      Wawancara, yang dilakukan untuk mendapatkan feedback

      Penilaian kinerja pelaksana kampanye baik pada tataran individual atau kolektif (Tim Kerja), unsur penilaiannya meliputi:

ü  Keterperincian dan Kelengkapan rencana kerja

ü  Pemenuhan target kerja

ü  Kualitas pekerjaan

ü  Ketepatan waktu penyelsaian

ü  Kemampuan mencari alternative pemecahan saat menghadapi masalah

Aspek Pencapaian Tujuan

Berkaitan dengan aspek pencapaian tujjuan beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu:

      Perubahan kesadaran

      Sikap dan perilaku public sesuai tujuan yang ditetapkan

      Pemenuhan fungsi media

      Serta evaluasi efisiensi biaya

Mengapa melakukan evaluasi kampanye?

Gregory (2000) mengemukakan alasan penting melakukan evaluasi

-          Dapat memfokuskan usaha yang dilakukan, sehingga dapat mengetahui hal-hal prioritas pencapai tujuan

-          Menunjukkan keefektifan pelaksana kampanye dalam merancang dan mengimplemetasikan programnya

-          Memastikan Efisiensi biaya

-          Membantu pelaksana menetapkan tujuan secara realistis, jelas, dan terarah

-          Membantu akuntanbilitas (pertanggung jawaban) pelaksanaan kampanye

TINGKATAN EVALUASI KAMPANYE (Menurut OSTEGAARD)

-          Campaign Level

Pada level ini ingin diketahui apakah khalayak sasaran terkena terpaan kegiatan kampanye yang dilakukan atau tidak.

-          Attitude Level

Pada tingkatan sikap, evaluasi dapat dilakukan dengan menggunakan metode survei  atau uji sederhana (simple test)

-          Behavior Level

Para ahli kampanye memandang tingkatan perilaku sebagai level yang paling penting dalam kampanye. Sayangnya jenis evaluasi ini sering diabaikan atau dilakukan sekedarnya dengan mengamati realitas permukaan (superficial reality)

-          Problem Level

Problem atau masalah disini siartikan sebagai kesenjangan antara kenyataan dan harapan.  Kriteria keberhasilan dalam problem level adalah dengan mengukur atau membandingkan antara data sebelum dan sesudah kampanye.

Jenis- Jenis Evaluasi Kampanye

-          Metaevaluasi, Adalah pengujian yang dilakukan oleh orang lain terhadap pelaku kampanye. Metaevaluasi memberikan kontribusi terhadap pengembangan rencana evaluasi

-          Evaluasi keefektifan pencapaian, Secara umum dapat dikatakan pengujian terhadap efektifitas kampanye adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pelaku kampanye untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan, apakah kampanye yang dilakukan mencapai tujuan yang telah ditetapkan?

-          Evaluasi keefektifan pencapaian Tujuan umum, Dalam mengevaluasi efek kampanye, pelaku kampanye harus mempertimbangkan kualitas dan kuantitas dari usaha aktivitas yang dilakukan pada waktu kampanye

Kategori Evaluasi

-          Pencapaian Tujuan

-          Pengukuran kemajuan

-          Pengukuran hasil

-          Efesiensi biaya

Menyimpulkan Evaluasi Kampanye

Pada tahap ini, kita tidak boleh secara gegabah dalam dan tergesa-gesa menyimpulkan hasil kampanye yang dilakukan, misal dengan pernyataan kampanyenya sukses. Pernyataan yang seperti diatas (deterministic) umumnya dihindari oleh para evaluator, Buatlah kesimpulan yang probabilistic, jadi cukup tegaskan saja, media yang digunakan kemungkinan besar sudah tepat, penetapatan khalayak sasaran hampir dapapt dipastikan sudah tepat atau secara keseluruhan kampanye yang dilakukan cenderung menghasilkan efek yang positif.

VCLASS FORUM DISKUSI 6

Evaluasi kampanye memang tidak mudah apalagi murah. Setidaknya 10-15% anggaran kampanye harus disisihkan untuk melakukan evaluasi program secara professional.

Bagaimana pendapat Anda dengan perkembangan dunia internet dan kemudahan teknologi saat ini melihat pernyatn tersebut apakah masih relevan ?

Jawaban:

Menurut saya relevan, karna pada saat ini perkembangan teknologi sangat cepat. Karna kemudahan teknologi ini membuat banyak sekali berita hoax bermunculan dan kadang susah dikendalikan. Walaupun kemajuan teknologi ini sangat membantu untuk menyebarkan infomasi kampanye tapi karena kemudahan ini juga banyak sekali berita hoax dan akhirnya mempengaruhi khalayak. Sehingga evaluasi oleh para ahli profesional sangat diperlukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. para ahli evaluasi akan melakukan evaluasi dengan pengetahuan ilmiah, kemampuan  manajerial dan kemampuan berpikir kreatif. Tanpa adanya evaluasi, kita akan terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama karena tidak pernah tau dengan kesalahan-kesalahan sebelumnya. Tanpa adanya evaluasi, kita akan terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama karena tidak pernah tau dengan kesalahan-kesalahan sebelumnya.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model- Model Kampanye Komunikasi Kampanye Komunikasi